Hai, temen-temen microstocker! Masih ingat, ‘kan, kalau di platform microstock ada yang namanya lisensi komersial dan editorial. Kalau submit konten komersial sudah banyak dibahas di video materi microstocker.id, di artikel kali ini kita akan bahas gimana cara submit konten editorial. Langsung aja scroll ke bawah!
Konten editorial bisa digunakan untuk menggambarkan berita dan peristiwa yang aktual dan faktual. Selain itu, konten ini juga bisa dipakai untuk menggambarkan subjek yang menarik bagi banyak orang, termasuk seni, bisnis, budaya, kesehatan & kebugaran, gaya hidup, acara sosial, teknologi, dan perjalanan.
Shutterstock mengklasifikasikan konten editorial ke dalam tiga kategori:
- Konten Editorial Dokumenter: Konten yang mendokumentasikan peristiwa nyata sebagai catatan faktual. Contohnya, foto parade atau foto pasca-bencana alam.
- Konten Editorial Ilustratif: Konten yang menggambarkan subjek menarik melalui penataan adegan (staging). Contohnya, foto produk peralatan rumah tangga yang populer atau foto orang yang sedang mengonsumsi makanan atau minuman dari merek terkenal. Tentunya ini sudah di-set up sedemikian rupa supaya tetap bisa diterima oleh Shutterstock, ya!
- Ilustrasi, Vektor, dan Animasi Editorial: Ilustrasi, vektor, dan animasi yang menggambarkan berita, peristiwa terkini, dan subjek menarik. Contohnya, ilustrasi bangunan terkenal.
Cara Submit Konten Editorial
Kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah sebelum submit konten editorial:
- Pastikan deskripsi/judul, kata kunci, kategori, dan informasi lokasi kontenmu mematuhi persyaratan metadata Shutterstock.
- Untuk konten editorial dokumenter, format deskripsi/judulnya seperti ini: KOTA, NEGARA BAGIAN/NEGARA – BULAN TANGGAL, TAHUN: Kalimat faktual yang menjelaskan subjek konten.
- Kalau submit konten dari sebuah acara, terutama yang memerlukan dokumen press credential, pastikan untuk menyertakan nama acaranya di judul. Kamu bisa mempelajari baca tentang press credential di sini.
- Pastikan kontenmu mematuhi standar Intellectual Property dan Personally Identifiable Information (PII) dari Shutterstock.
- Pilih tombol “Editorial” di bagian “Usage” (Penggunaan).
Ketika konten yang ditandai sebagai “Editorial” lolos review, konten tersebut akan diberi label “Editorial Use Only” di Shutterstock dan tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang bersifat komersial.
Gimana? Sudah paham, ‘kan, cara submit konten editorial itu seperti apa? Kalau kamu punya konten yang kira-kira kurang komersial tapi masih bisa dipakai, bisa coba di-submit dengan label editorial. Kamu bisa pelajari perbedaannya di video materi microstocker.id atau buku Microstock Mastery. Kalau masih bingung atau ada pertanyaan, langsung tanyakan di kolom komentar, ya!