Published 27 Mei 2024

Informasi Free Collection untuk Kontributor Adobe Stock

Konten Premium PRO!

Silakan berlangganan PRO untuk dapat mengakses konten premium.

Jadi Member
Table of Contents

    Q: Apa itu koleksi gratis atau free collection dari Adobe Stock?

    A: Adobe Stock punya koleksi gratis yang dikurasi dengan cermat oleh para kreator berbakat di Adobe Stock, mulai dari foto, vektor, ilustrasi, video dan template desain. Kamu bisa temuin koleksi ini di website mereka, di bagian "Free" pada menu navigasi.

     

    Q: Kenapa Adobe Stock nawarin koleksi gratis? Apa nggak bakal bersaing sama koleksi yang berbayar?

    A: Koleksi gratis Adobe Stock ini pertama kali diluncurkan di tahun 2020. Saat itu, kebutuhan konten kreatif yang cepat, komunitas kreator yang solid, dan akses yang mudah jadi prioritas utama di tengah situasi ekonomi yang menantang.

    Tapi jangan khawatir karena Adobe Stock juga memantau dampak dari diluncurkannya koleksi gratis ini terhadap koleksi berbayar mereka, untuk memastikan keseimbangan yang sehat di antara keduanya. Mereka ingin memastikan kalau koleksi gratis ini bisa membantu para kreator tanpa mengganggu pasar konten berbayar.

     

    Q: Apa perbedaan dari koleksi gratis di Adobe Stock dengan konten lain di situs gratis?

    A: Para pelanggan dan kontributor Adobe menghargai adanya fitur koleksi gratis ini untuk beberapa alasan, termasuk lisensing, artist support, koleksi yang lengkap dan beragam, dan teknologi pencarian yang menggunakan Adobe Sensei.

    Konten di koleksi gratis Adobe Stock bisa kamu pakai untuk pribadi atau komersial. Nah, walaupun gratis tapi standar kontennya sama kayak koleksi berbayar (termasuk udah ada izin model dan properti yang dibutuhkan) dan bisa di-download dan gunakan buat keperluan komersial. Adobe juga berhak menggunakan konten dari koleksi gratis ini dalam template buatan mereka dan aset desain lainnya.

     

    Q: Bisa nggak ikut berkontribusi di Free Collection?

    A: Dalam waktu terbatas, Adobe Stock membuka kesempatan buat para kreator terpilih untuk menominasikan aset mereka untuk dimasukkan ke dalam koleksi gratis. Kalau kamu termasuk kreator yang terpilih, kamu bakal lihat banner di dashboard kamu saat login ke portal Kontributor.

     

    Q: Masih bisa upload di platform lain nggak kalau aset atau kontennya udah di-upload ke koleksi gratis?

    A: Jawabannya, bisa dong! Aset yang lolos seleksi untuk masuk ke koleksi gratis akan dilisensikan dengan non-eksklusif, jadi kamu masih bebas menggunakan dan menyebarkan asetmu sesuka hati.

     

    Q: Kalau kontenku kepilih, berapa lama ada di koleksi gratis?

    A: Kalau kamu milih untuk mengizinkan asetmu masuk ke koleksi gratis, dan ternyata aset itu terpilih, maka asetmu akan berada di koleksi gratis tersebut minimal selama 12 bulan. Setelah itu, Adobe berhak untuk memperpanjang durasi asetmu di koleksi gratis selama 12 bulan ke depan, tapi dengan syarat: (1) Kamu akan diberi tahu terlebih dahulu dan diberi kesempatan untuk menolak. (2) Kamu akan dibayar di muka untuk setiap perpanjangan 12 bulan. Jadi, semakin lama asetmu dipakai, semakin banyak cuan yang kamu terima!

     

    Q: Kalau sudah 12 bulan aset ada di koleksi gratis, setelahnya bakal gimana?

    A: Sama kaya jawaban di atas; Adobe berhak untuk memperpanjang durasi asetmu di koleksi gratis selama 12 bulan ke depan, tapi dengan syarat: (1) Kamu akan diberi tahu terlebih dahulu dan diberi kesempatan untuk menolak. (2) Kamu akan dibayar di muka untuk setiap perpanjangan 12 bulan.

     

    Q: Apakah aset atau kontennya masih bisa available di bagian koleksi berbayar selama proses nominasi?

    A: Tenang aja, aset atau kontenmu bakal tetep available di bagian yang berbayar sampai proses selesai dan dipindahkan ke koleksi gratis kalau terpilih.

     

    Q: Kapan kita bisa terima pembayarannya?

    A: Kalau aset yang dinominasikan lolos seleksi dan masuk ke koleksi gratis, kamu bakal menerima pembayaran di muka dalam waktu 30 hari setelah aset tersebut dipindahkan. Pembayaran sekali ini bisa kamu lihat di tab "Earnings" di portal Kontributor. Selain itu, status aset kamu di dashboard portal juga akan berubah menjadi gratis.

    Pemindahan aset yang kamu nominasikan ke koleksi gratis mungkin dilakukan bertahap. Kalau ini terjadi, kamu tetap akan dibayar kok! Pembayaran untuk setiap tahap pemindahan akan kamu terima dalam waktu 30 hari setelah aset tersebut dipindahkan.

     

    Q: Apakah ada minimal atau maksimal konten yang bisa diterima di koleksi gratis?

    A: Untuk koleksi gratis, nggak ada batas minimal atau maksimal aset karena tujuannya supaya Adobe Stock bisa punya koleksi yang seimbang dan mencakup banyak lingkup.

     

    Q: Bisa nggak konten yang udah lolos dan masuk koleksi gratis dihapus atau ditarik lagi sebelum 12 bulan?

    A: Nggak bisa karena kalau aset kamu sudah masuk ke koleksi gratis, maka minimal selama 12 bulan aset tersebut harus tetap berada di sana. Jadi, sewaktu kamu ngajuin nominasi aset ke koleksi gratis, kamu harus menyetujui Free Collection Addendum.

    Tapi kalau secara hukum kamu memang harus menghapus aset tersebut, kamu bisa memberitahu Adobe Stock dengan cara mengirimkan tiket support di portal Kontributor.

     

    Q: Dimana kita bisa lihat Free Collection Addendum?

    A: Untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan aset di koleksi gratis, kamu bisa baca Addendum Koleksi Gratis yang terdapat di halaman "Royalty Details" > "Free Collection Payment" pada portal Kontributor Adobe Stock. Atau kamu bisa klik di sini.

     

    Q: Apakah kita bisa lihat berapa kali aset atau konten kita di koleksi gratis ter-download?

    A: Nggak bisa, ya. Data yang ada di portal Kontributor cuma ngelihatin jumlah download untuk konten berbayar.

     

    Q: Dimana bisa cek konten atau aset mana yang diterima di koleksi gratis?

    A: Buat tahu mana aja yang masuk ke koleksi gratis cukup gampang. Kamu tinggal masuk ke portal Kontributor dan cek aset yang punya label "gratis" langsung di gambar preview (thumbnail). Kamu juga bisa filter aset berdasarkan harga di dalam portfolio portal kamu.

     

    Q: Dalam Free Collection Addendum, dituliskan bahwa aset gratis bisa digunakan oleh Adobe sebagai “Konten Kompilasi”. Maksudnya apa?

    A: Perlu kamu ketahui, aset yang masuk koleksi gratis juga bisa digunakan Adobe dalam template dan aset desain lainnya di dalam aplikasi mereka. Tujuannya? Supaya pengguna Adobe bisa lebih mudah ngelihat dan mencoba berbagai fitur yang ada di aplikasi Adobe. Misalnya, Adobe bisa menggabungkan aset dari koleksi gratis dengan teks dan elemen desain lainnya untuk membuat template yang bisa dipakai di salah satu aplikasi Adobe.

     

    Q: Bisa nggak aset Koleksi Gratis Adobe Stock ditawarkan di Konten Berbayar?

    A: Boleh banget! Konten dari koleksi gratis memang bisa ditawarkan oleh Adobe ke pelanggan mereka secara gratis atau berbayar (misalnya, sebagai bagian dari paket berlangganan atau kontrak perusahaan).

     

    Q: Bisa terima tambahan royalti nggak untuk aset Koleksi Gratis yang ditawarkan oleh Adobe?

    A: Kamu akan menerima pembayaran periode 12 bulan sekali di awal dalam waktu 30 hari setelah aset tersebut mulai masuk ke koleksi gratis. Untuk aset yang ada di koleksi gratis, kamu cuma menerima pembayaran di muka. Aset ini nggak bisa ngehasilin royalti tambahan selama berada di koleksi gratis.

     

    Gimana? Udah paham ‘kan tentang Free Collection yang ada di Adobe Stock? Semoga bisa membantu, ya! Kalau masih ada yang bingung, boleh tulis komentar di bawah. Tetap semangat nyetock, temen-temen!

    microstock
    Bagikan
    0 Suka


    Dapatkan banyak keuntungan!

    Buat akun pada website microstoker.id dan dapatkan banyak keuntungan dan fasilitas.

    Daftar Akun

    Hubungi Kami