Published 30 April 2024

Shutterstock - Apa Aja Persyaratan Teknis untuk Foto?

Konten Premium PRO!

Silakan berlangganan PRO untuk dapat mengakses konten premium.

Jadi Member
Table of Contents

    Hai, teman-teman Microstocker.id! Buat kalian yang mau baru mulai mau submit foto ke Shutterstock tapi nggak tau persyaratan teknisnya, langsung aja scroll ke bawah! Selain dari artikel ini, kalian juga tetep bisa belajar tentang requirement peralatan di video modul atau rekaman event microstocker.id.

     

    File Format

    Shutterstock menerima foto dalam format JPEG dan TIFF. Tapi, lebih rekomen kamu submit foto dalam format JPEG aja karena semua foto bakal otomatis diubah ke format JPEG. Oh ya, untuk saat ini, Shutterstock belum menerima file PSD atau TIFF yang masih ada layer-nya, ya!

    Buat kamu yang jago ilustrasi dan mau submit karyamu, Shutterstock menerima file EPS, tapi harus disimpan dalam format yang kompatibel dengan Adobe Illustrator 8 atau 10.

    Nah, secara umum, Shutterstock nggak menerima potongan gambar yang diekstrak dari video (walaupun kualitasnya 8K) sebagai konten. Jadi, pastikan kamu submit foto atau ilustrasi original yang memang dibuat khusus, ya!

    Color Profile

    Foto-foto yang ada di Shutterstock itu semuanya menggunakan profil warna sRGB karena kebanyakan gambar di internet emang ditampilkan menggunakan profil warna ini. Makanya, daripada warna fotomu jadi beda, lebih baik kamu ubah dulu ke sRGB sebelum diupload ke Shutterstock.

    File Size and Dimensions

    Supaya bisa diterima di Shutterstock, foto minimal harus punya resolusi 4 MP (megapixel) atau lebih besar.

    Kalau kamu upload via web browser, batas ukurannya sebagai berikut: 50 MB untuk foto dan 100 MB untuk file EPS. Tapi kalau kamu upload pakai FTPS, batas ukurannya jadi lebih besar: 50 MB untuk JPEG, 100 MB untuk EPS, dan 4 GB untuk TIFF.

    Sekedar info, megapixel (MP) itu beda sama megabyte (MB), ya! Megapixel menunjukkan dimensi gambar (lebar x tinggi), sedangkan megabyte menunjukkan ukuran file.

    Contohnya:

    2000 x 2400 pixels = 4.8 Megapixels. File dengan size ini masih diterima. 1200 x 3000 pixels = 3.6 Megapixels. Ukuran ini lebih kecil daripada minimal size yang diterima. Jadi, sistem Shutterstock nggak bisa terima file ini.

    Nah, yang di bawah ini adalah arti 4 MP dalam satuan ukuran yang berbeda. Perlu diingat, nilai ini bisa sedikit berbeda tergantung pengaturan DPI/PPI di komputer kamu. Tapi, kalau pakai standar umum 72 DPI/PPI, perkiraannya begini:

    4 juta pixel = 4 juta point = 27,562 pica = 771.62 inci persegi

    File EPS yang kamu kirim harus punya ukuran minimal 4 MP dan maksimal 25 MP. Ingat, ukuran yang kita maksud ini adalah ukuran bounding box illustrasi kamu, bukan ukuran artboard-nya.

     

    Meskipun ukuran artboard illustrasi kamu sudah 4 MP atau lebih, tapi ukuran bounding box yang ada di sekitar illustrasi kamu ternyata kurang dari 4 MP, tetap bakal ada error dan file kamu nggak bisa diterima. Buat ngatasinnya, naikin dimensi karyamu jadi 4 MP atau lebih.

    Cara perbaiki di Adobe Illustrator:

    • Pilih seluruh ilustrasi kamu.
    • Di panel Transform, perbesar ilustrasinya sampai ukuran minimal 4 MP. Di Illustrator CC 2018 dan yang lebih baru, panel ini ada di bawah tab Properties.
    • Sesuaikan ukuran artboard agar ilustrasi kamu tetap berada di dalam batas artboard.

     

    Gimana, teman-teman? Udah mulai paham persyaratan teknis foto untuk Shutterstock, ‘kan? Kalau masih bingung atau ada yang mengganjal, bisa langsung tuliskan di kolom komentar, ya!

    Shutterstock
    microstock
    Bagikan
    0 Suka


    Dapatkan banyak keuntungan!

    Buat akun pada website microstoker.id dan dapatkan banyak keuntungan dan fasilitas.

    Daftar Akun

    Hubungi Kami